Rabu, 30 September 2009

PENGANTAR AKUNTANSI




Akuntansi adalah suatu sistem informasi yang menidentifikasi, mencatat, dan mengkomunikasikan kejadian ekonomi dari suatu organisasi kepada pihak yang berkepentingan.
Dari pengertian diatas terkandung kegiatan utama akuntansi, yaitu :

1. Mengidentifikasi kejadian ekonomi yang berkaitan dengan aktivitas ekonomi yang relevan dari suatu organisasi tertentu. Pembayaran utang, pembayaran pembelian tunai, penjualan kredit adalah contoh dari kejadian ekonomi tersebut.  

2. Mencatat secara historis akivitas keuangan organisasi. Pencatatan dilakukan secara sistematis, berurutan sesuai kronologi kejadian dan harus dapat diukur dalam satuan moneter. Dalam proses pencatatan ini, kejadian ekonomi kemudian diklasifikasi dan diringkas. 

3. Mengkomunikasikan kejadian ekonomi kepada pihak yang berkepentingan dalam bentuk laporan keuangan yang memuat informasi keuangan organisasi yang dapat dijadikan dasar dalam pengambilan keputusan.

    A. Pemakai Informasi Akuntansi
    • Pemakai Intern (Internal Users)
    Yang dimaksud pemakai (pihak) intern adalah pihak yang melakukan perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pengarahan (actuating), dan pengendalian (controlling) organisasi, seperti manajer pemasaran, kepala bagian produksi, dan direktur keuangan. Manajer membutuhkan informasi yang akurat, lengakap, relevan dan tepat waktu berkaitan dengan persoalan dalam perusahaan seperti : (a). apakah tersedia dana yang cukup untuk membayar kewajiban perusahaan ?, (b) berapa biaya per unit produk, (c) produk mana yang lebih profitable.
    •  Pemakai Ekstern (Eksternal Users)
    Adalah pihak-pihak yang berkepentingan dengan suatu usaha atau perusahaan, tetapi merupakan pihak luar perusahaan. Contohnya : Bank sebagai pemberi kredit (pinjaman), Badan-badan pemerintah juga sangan berkepentingan dengan informasi keuangan perusahaan untuk tujuan-tujuan pajak dan deragulasi lainnya.

    Tidak ada komentar:

    Postingan Terakhir

    Komentar Terakhir